By | July 18, 2020

Saat ini, BEI menggelar berbagai program untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan calon investor mengenai investasi saham. Berbeda dengan menabung, investasi merupakan kegiatan menanam uang yang dimiliki saat ini dengan tujuan akan bertambah nilainya di masa depan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa investasi itu tidak harus selalu berupa uang, lho. Anda juga dapat menginvestasikan uang Anda dalam bentuk emas batangan atau perhiasan emas.

Belajar Investasi

Di luar saham, Kefas Evander juga membicarakan tentang elemen merdeka finansial, cara mengatur keuangan, juga sedikit tentang reksa dana. Channel ini tentunya menarik untuk diulik kalau kamu tertarik untuk berinvestasi saham. Sebelum berinvestasi pastikan Anda mengetahui produk investasi apa yang dipilih. Jika investasinya berupa bisnis maka perlu diketahui bisnisnya seperti apa, apa yang dijual, dapat keuntungannya dari mana. Jika investasinya merupakan produk keuangan jangan lupa untuk mengecek apakah produk investasinya terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Ini tentu menjadi cara yang terbaik untuk belajar investasi hanya dengan menggunakan sedikit uang. Paling tidak, dengan uang itu kita bisa mempelajari mekanisme berbisnis yang minim risiko melalui reksa dana saham. Mulai menetapkan tujuan investasi, jumlah uang, dan jangka waktu berinvestasi memungkinkan Anda untuk mengetahui produk investasi yang paling sesuai. Pahami berbagai jenis investasi yang sesuai dengan tujuan, sehingga Anda mengetahui produk investasi yang paling sesuai dengan kepribadian dan harapan Anda. Jika kamu memiliki jasa perencana atau penasihat keuangan, kamu bisa konsultasikan rencana-rencana ini untuk mendiskusikan waktu dan instrumen investasinya. Jika tidak memiliki penasihat keuangan juga tidak masalah, kok, pilih saja satu impian atau tujuan yang menurutmu penting dan membuatmu semangat dalam memulai berinvestasi.

Pertama, buying and selling saham membutuhkan waktu dan tenaga karena harus memantau perdagangan setiap saat. Sebagai investor, Anda pasti ingin dana yang diinvestasikan segara menghasilkan keuntungan, semakin cepat semakin baik. Pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham – saham blue-chip tersebut.

Namun, jangan pernah mengambil keputusan berdasarkan emosi ketika Anda berinvestasi di pasar saham. Sadari bahwa Anda sedang melakukan investasi yang tentu membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan. Jangan berekspektasi akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Pola pikir seperti akan membahayakan Anda dan membuat Anda tidak cerdas dalam berinvestasi. Pengembalian antara 12-18% dalam satu tahun dinilai baik dalam pasar saham.

Sebab investasi saham dikenal sebagai instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi, sering kali nilai saham mengalami fluktuasi tinggi dalam jangka waktu pendek. Sekalipun begitu, tetap saja investasi ini cukup menjanjikan dalam jangka waktu panjang. Ini sangat cocok untuk kamu yang ingin investasi jangka pendek, karena batas waktunya bisa kurang dari satu tahun.

Menurutnya, sangat bagus bila anak muda dari awal sudah diperkenalkan dengan mekanisme bursa. Melalui cara ini, para mahasiswa pun dapat belajar sekaligus menambah penghasilan. Keadaan pasar yang perlu kamu pantau adalah sentimen apa yang sedang berkembang. Jika sentimen pasar nggak mendukung, maka harga saham yang kamu punya bisa turun.

Jika kamu sudah cukup memahami tentang cara investasi saham, mulailah untuk mencoba mempraktekannya di Ajaib. Karena sekarang di aplikasi Ajaib sudah tersedia layanan jual-beli saham online. Semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri dapat kamu perdagangkan sahamnya di Ajaib. Sebagai investor, pasti kany akan tergoda ketika nilai saham semakin naik. Rasanya ingin menjualnya segera dan mengambil keuntungan tersebut. Jika kamu butuh dana darurat, hal ini tentu sah-sah saja untuk dilakukan, tapi jika belum memiliki rencana, buang jauh-jauh niat menjual saham tersebut ya.