By | March 29, 2020

Sebelum mulai berinvestasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari terlebih dahulu apa itu investasi. Terutama untuk para pemula dan belum ada pengalaman berinvestasi. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

Hal yang bisa dilakukan ketika berinvestasi

Tidak hanya menjadi media penyimpan uang, digital banking juga dilengkapi dengan layanan investasi seperti deposito. Bahkan beberapa digital banking juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tabungan emas yang memudahkan nasabahnya untuk membeli logam mulia dengan satuan gram paling kecil, misalnya zero,2 gram. Beberapa perusahaan sekuritas sudah mulai merambah ke dunia digital dan menyediakan platform untuk membuka rekening investasi secara on-line.

Lalu yang kedua adalah mengerti risiko dari berbagai jenis investasi. Dalam berinvestasi, imbal balik dan risiko akan selalu beriringan. Ada jenis investasi yang memiliki risiko kerugian tinggi namun justru mampu menghasilkan imbal balik yang besar. Sebut saja saham di mana tidak jarang jenis investasi ini malah membuat seorang investor gigit jari karena tidak mendapatkan apa-apa. Harga emas cenderung merambat naik setiap tahunnya meskipun potensi imbal hasilnya tidak sebesar saham. Karena kondisinya yang stabil dan mudah dipahami, sebagian besar masyarakat masih menggemari jenis investasi ini.

Cara lain diversifikasi investasi adalah menyebar investasi ke berbagai jenis instrumen investasi lainnya. Ini adalah salah satu cara menurunkan risiko dalam berinvestasi yang umum dilakukan. Secara umum, setiap instrumen investasi memiliki risiko, karena risiko dan return berjalan beriringan. Misalkan kamu membutuhkan dana sebesar Rp100 juta untuk keperluan DP rumah. Jika kamu hanya menabung Rp1 juta/bulan, maka kamu memerlukan waktu lebih dari eight tahun. Namun, jika kamu berinvestasi dengan average return 12% per tahun, maka kamu bisa mencapai gol tersebut dalam jangka waktu kurang dari 6 tahun.

Saham merupakan investasi yang dilakukan dalam menyertakan modal secara perorangan atau pihak ke dalam suatu perusahaan. Ketika menanamkan modal itu, maka investor atau pemodal memiliki hak atas pendapatan perusahaan dan aset perusahaan tersebut. Melalui layanan saham Ajaib Sekuritas Asia, Investor Ajaib dapat mengakses informasi lengkap emiten, termasuk peringkat performa jika dibandingkan dengan kompetitornya di industri yang sama. Selain itu, Investor Ajaib juga dapat melihat analisis berdasarkan indikator teknikal, memantau perubahan harga, dan melihat sentimen pasar berdasarkan berita-berita terkini.

Ya, reksadana emang banyak dilirik orang yang pengin terjun ke investasi. Portofolio Efek adalah kumpulan surat berharga termasuk saham, obligasi, dan unit penyertaan reksa dana yang telah dijual. Pengertiannya adalah harga dan transaksi yang dilakukan berdasarkan nilai suatu reksa dana. Nah, Slot Terbaru bila indikator kesiapan tersebut sudah terpenuhi, kita bisa menyiapkan langkah berinvestasi selanjutnya. Sebaliknya, bila ternyata kondisi keuangan belum memenuhi kesiapan, ada baiknya fokus dulu memperbaikinya sehingga kelak bisa memulai investasi dengan kondisi keuangan yang sehat.