By | June 10, 2020

Integritas mengacu pada keutuhan karakter yang ditunjukkan oleh konsistensi antara pikiran, kata-kata dan tindakan. Mempertahankan integritas sering kali membutuhkan keberanian moral, kekuatan batin untuk melakukan hal yang benar bahkan ketika biayanya lebih mahal daripada yang ingin mereka bayarkan. Pemilik bisnis yang memiliki prinsip etika bisnis yang benar akan mendapatkan kepercayaan orang lain melalui integritas pribadi. Dengan ungkapan lain, pemberdayaan diri adalah usaha untuk memampukan dan memandirikan anggota dengan membuka lapangan usaha ataupun lapangan pekerjaannya sendiri. Proses pelaksanaan juga harus dilaksanakan sesuai dengan keputusan yang diambil bersama dengan rm. Bahkan dalam proses melaksanakan keputusan juga harus dilaksanakan dengan cepat guna meminimalisir hilangnya peluang yang ada.

Bisnis memang sejatinya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan, tapi tidak menurut Chandra. Ia berpikir kalau bisnis yang dilakukan hanya demi mendapat keuntungan merupakan bisnis yang tidak akan bertahan lama. Sementara itu, Kusmuriyanto saat memberikan sambutan mewakili PR III menyarankan mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang mandiri. “Jangan menjadi beban pemerintah dengan hanya mencari kerja. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan terjadinya gagal lebih besar.

Pemikiran saya ini memang beda dengan saat kita sekolah dulu. Dimana setelah kita lulus nanti, mencari kerja, lalu bekerja keras, dan terus mendapatkan uang. Jadinya, kita tak pernah belajar bagaimana untuk berani mengambil risiko. Kita tak pernah belajar bagaimana untuk berani membuka usaha.

Misalnya terlalu sibuk memikirkan modal usaha untuk memulai bisnis yang tidak cukup, sehingga bisnis Anda tidak jalan. Padahal modal bukan satu-satunya aspek yang Anda butuhkan saat memulai usaha baru. Bahkan orang terkenal dan Slot Gacor piawai dalam bisnis pun memiliki sosial media. Pertama, cari alasan atau motivasi yang benar-benar kuat mengapa Anda harus sesegera mungkin memulai usaha. Jadi, jangan sampai Anda berbisnis hanya karena ikutikutan teman.

keberanian yang harus dimiliki utnuk memulai bisnis

Wirausahawan harus menunjukkan rasa hormat terhadap martabat manusia, otonomi, privasi, hak, dan kepentingan semua orang yang memiliki kepentingan dalam keputusan mereka. Pemilik bisnis juga harus berusaha mewujudkan komitmen terhadap keadilan, perlakuan yang sama terhadap individu, toleransi dan penerimaan keragaman. Mereka berpikiran terbuka; bersedia mengakui bahwa mereka salah dan, jika sesuai fakta, mereka dapat mengubah posisi dan keyakinan mereka. Wiraushawan yang baik pada dasarnya berkomitmen pada keadilan.

Menurut saya, jika kita memang benar-benar ingin memulai bisnis baru, semestinya peluang pasarlah yang lebih kita jadikan pijakan. Bahwa produk ini akhirnya jadi souvenir khas yogya, itu sebagai bukti bahwa kreativitas bisa jadi peluang bisnis yang menarik untuk digeluti. Maka, tidak ada salahnya, jika kita juga mencoba mengembangkan kreativitas yang tidak lazim dan unik, agar bisa dijadikan peluang bisnis. Memang nasehat saya ini agak berbeda dengan kebanyakan orang.

Dengan kata lain, sebagai seorang entrepreneur, kita pun harus senantiasa setiap saat selalu membuka mata dan telinga terhadap suatu kesempatan atau peluang. Sebab, disamping faktor rejeki, maka peluang itu juga menyangkut dengan faktor nasib kita. Bila kita mampu melakukan hal itu, tidak mustahil kesuksesan akan dapat kita raih. Oleh karena itulah, saya berpendapat, bahwa sesungguhnya ke-mandirian itu adalah semangat paling dasar dari kita untuk bisa meraih kesuksesan. Dan, alangkah baiknya jika sikap mandiri semacam itu bisa kita bentuk sejak kita masih sekolah.

Seorang wirausaha harus berani menciptakan tren baru, mengambil keputusan dan mengambil risiko. Memulai dan menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Umumnya, bisnis yang sukses merupakan bisnis yang dapat berhasil bertahan lama di antara para pesaing-pesaingnya, serta dapat berhasil dikenal hingga diberbagai negara. Namun, ketika kita menjalanya sebuah bisnis, kita perlu menerapkan berabagai strategi khusus untuk dapat terus eksis dalam dunia bisnis yang kita jalani. Sudah seharusnya kita memiliki strategi khusus tertentu untuk dapat mengembangkan bisnis kita hingga sukses. Jiwa wirausaha dimiliki oleh seseorang yang bisa mengabdikan dirinya dan berkomitmen terhadap pekerjaannya.

Jika anda telah memulai dan menjalankan usaha dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa entrepreneur akan terbentuk. Menjadi seorang pengusaha harus memiliki keberanian dalam mengambil resiko yang akan datang. Setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut, sebagai pengusaha harus benar-benar siap dengan resiko gagal.

Hal ini yang sangat membantu dalam memangkas biaya yang diperlukan dalam mendapatkan alat-alat masak. Selain itu, kunci keberhasilannya yakni faktor keberanian yang harus diambil dalam mengawali usaha ini. “Modalnya tidak banyak, hanya sewa tempat, peralatan penggorengan dan keberanian. Jadi tidak perlu takut untuk memulai usaha kuliner ini karena pasti dicari orang,” pesan Bu Ita. Untuk menjadi wirausaha yang sukses, seseorang harus memiliki ide atau visi usaha yang jelas serta kemauan dan keberanian untuk menghadapi resiko, baik waktu maupun uang. Apabila ada kesiapan dalam menghadapi resiko, langkah berikutnya adalah membuat perencanaan dan langsung terjun ke lapangan mempraktekannya.