By | July 18, 2020

Prospektus merupakan dokumen yang memuat informasi mengenai rencana pengembangan sebuah perusahaan. Juga termasuk ke dalam prospektus ini, penawaran perusahaan tentang penjualan saham. Berinvestasilah dengan menggunakan uang sendiri dan tidak perlu meminjam, sehingga Anda bisa menikmati semua keuntungannya dan tidak perlu khawatir saat hasil tidak sesuai dengan harapan. Tidak hanya itu, jika investasi yang dilakukan tidak berjalan sesuai dengan harapan, maka Anda akan menumpuk banyak utang yang akhirnya bisa membebani keuangan Anda. Itu artinya, Anda tidak boleh berinvestasi dengan menggunakan uang pinjaman atau berasal dari sumber yang lain. Berinvestasi tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan dana saja, tetapi ada tujuan dibalik investasi yang dilakukan.

Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang. Dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik perusahaan tersebut. Sudah menjadi hukum bisnis, seorang investor ingin mendapatkan harga murah dan menjual saat harga tinggi. Sayangnya, banyak investor pemula salah memahami strategi investasi ini dengan mengambil saham dengan harga murah namun sejatinya memang saham tersebut berasal dari perusahaan yang tidak bagus. Hal yang mendorong investor pemula membeli saham dengan harga murah adalah karena keterbatasan modal.

Saat ini sudah banyak manajer investasi reksa dana yang menyediakan fasilitas transaksi reksa dana secara daring untuk memudahkan para investor. Ada juga aplikasi telepon genggam yang diciptakan untuk membeli berbagai jenis reksa dana. Reksa dana sendiri adalah suatu produk investasi yang menghimpun dana dari masyarakat untuk ditempatkan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Reksa Dana juga merupakan jenis investasi yang menjadi favorit investor pemula.

Belajar Investasi

Bahkan bisa dikatakan, investasi saham membutuhkan pembelajaran terus menerus. Apabila sudah memilih produk investasi, Sobat Mapan harus ingat untuk mengevaluasi kinerja produk tersebut dari waktu ke waktu. Untuk investasi saham, hal ini bisa kamu lakukan dengan membandingkan harga saham saat ini dengan harga ketika kamu membelinya. Kamu pun bisa membandingkan saham tersebut dengan harga acuan pasar atau Indeks Harga Saham Gabungan . Apakah saham yang kamu punya memiliki pertumbuhan positif dibandingkan IHSG di periode yang sama?

Saat mengambil deposito berjangka, kita akan mendapatkan bunga saat deposito jatuh tempo. Sedangkan sertifikat deposito menawarkan bunga di awal kita membuka deposito. Investasi properti juga bisa menjadi mesin penghasil uang, terlebih jika dikelola dengan baik, misalnya dalam bentuk disewakan, kontrakan atau tempat kos. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan tiap bulan atau tiap tahun.

Syaratnya, harus terus belajar untuk bisa mengelola keuangan yang baik serta tegas dan disiplin pada diri sendiri dalam mengalokasikan dana untuk investasi. Dalam kondisi normal, contoh dari seseorang yang sudah berada di fase merdeka finansial bisa dilihat dari gaya hidupnya. Misalnya, bisa menyiapkan dana liburan tanpa kesulitan bayar tagihan setelah pulang dan tiba di rumah. Punya dana untuk me-time atau memuaskan hobi tanpa perlu pusing dengan tagihan belanjanya.

Jenis investasi ini tidaklah sesulit saat kita investasi saham. Anda tidak perlu modal besar dan keahlian investasi yang sangat mumpuni untuk memulai investasi reksadana. Banyak orang yang berinvestasi dengan tujuan agar uang yang mereka miliki dapat berkembang. Tapi, ada baiknya jika Anda memiliki tujuan spesifik saat ingin berinvestasi, misalnya berinvestasi untuk biaya pernikahan, membeli rumah, pendidikan anak, dan lain sebagainya. Menetapkan tujuan investasi menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan agar Anda bisa memutuskan untuk melakukan jenis investasi apa dan menentukan berapa lama durasi yang diperlukan untuk berinvestasi.

Memahami saham secara mendetail tentu saja tidak bisa dilakukan dengan instan. Mekanisme buying and selling saham beserta beragam istilahnya mungkin bisa. Namun tidak demikian dengan strategi jual beli saham yang mungkin membutuhkan jam terbang tinggi sampai benar-benar mengusai medan dengan baik. Berapa pun usia kita saat ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar. Meskipun investasi saham terlihat mudah, tetapi investasi utama dan pertama yang sebaiknya dipilih investor adalah investasi isi kepala. Mengetahui cara dan apa yang diinvestasikan adalah langkah awal yang wajib dilakukan oleh investor.

Sahamology menawarkan kelas online berisi pengetahuan analisis investasi agar investasimu berjalan sukses. Kelas Sahamology bisa bikin #LoKetagihan karena penjelasannya lengkap tetapi tetap mudah dimengerti. Berbeda dengan tabungan dan deposito yang bisa langsung cair, reksa dana membutuhkan waktu 2-6 hari kerja dari perintah awal jual hingga dana tersebut masuk ke rekening investor. Di web site ini juga terdapat berbagai perusahaan sekuritas sesuai lokasi tempat tinggalmu yang dapat kamu pilih untuk membuka rekening saham mu.

Sudah banyak beredar pemberitaan soal penipuan investasi dengan berbagai cara. Salah faktor yang menyebabkan hal itu terjadi karena si investor yang tidak mengetahui secara detail jenis investasi yang dia ikuti. Ada banyak faktor yang bisa membuat performa saham perusahaan naik-turun. Mulai dari kondisi pasar global dan regional, persoalan ekonomi hingga masalah politik dalam maupun luar negeri.