By | July 30, 2020

Mata uang crypto atau mata uang virtual merupakan salah satu bentuk investasi yang berkembang sejak 2010. Dewasa ini, terdapat lebih dari 2.000 jenis mata uang crypto di seluruh dunia. Riset-riset mata uang crypto di Indonesia masih terfokus pada standing kehalalan dan status hukum dari investasi mata uang crypto. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan imbal hasil dan risiko investasi mata uang crypto. Analisis secara deskriptif dengan penghitungan ukuran risiko serta penggunaan model heteroskedastik GARCH dilakukan pada data return 15 mata uang crypto yang memiliki nilai terbesar.

Ivestasi Crypto

Investasi cryptocurrency sendiri, mulai muncul dipermukaan ketika banyaknya orang berbondong-bondong membeli bitcoin beberapa tahun silam lalu. Tetapi, jenis investasi ini memang tak banyak orang yang berminat. Setelah analisis elementary, hal penting berikutnya adalah belajar mengenai analisis teknikal. Kebanyakan orang yang menjadi trader aset Cryptocurrency menggunakan indikator teknikal untuk mendapatkan wawasan tambahan mengenai aksi harga suatu aset. Hans Kwee mengatakan dilihat dari investornya ini baru atau sudah lama di pasar modal. Jika baru sebaiknya nabung dahulu dengan cari saham yang bagus dan simpan.

Chatib Basri khawatirkan terjadinya pemulihan ekonomi kelompok menengah ke atas justru akan naik, sedangkan kelompok menengah ke bawah turun. Saat ini, semua negara melalukan komitmen untuk mengurangi CO2, karena dunia ini sudah menghangat. Malah menurut Sri Mulyani, hampir semua negara di dunia mengalami fenomena itu. Masalah Global Warming ini menjadi PR terbesar pemerintah Indonesia. Saat ini saja, pemerintah membutuhkan biaya untuk berkontribusi mengurangi CO2 atau perubahan iklim luar biasa tinggi.

Bitcoin naik 354% di tahun 2020 sekaligus menembus rekor harga tertingginya di tahun 2017. Bagi kamu yang merupakan investor pemula, tentu saja masih ragu untuk melakukan investasi. Adapun, Ripple dibangun dengan tujuan menyediakan cara yang lebih efisien untuk melakukan pembayaran lintas batas di industri keuangan. Bahkan, di tahun 2025 diperkirakan penertrasi crypto market di Indonesia mencapai 28 juta orang atau 10% dari populasi sebanyak 276 juta. Nah, pasalnya uang kertas tidaklah selalu memiliki nilai intrinsik, karena ia hanya bernilai jika orang-orang yang menggunakan setuju kalau itu memang berharga.

Meskipun peraturan ini memberikan legalitas yang stable buat perdagangan cryptocurrency di Indonesia, tetapi peraturan tersebut juga membuat sejumlah ketentuan yang bisa menimbulkan risiko bagi nasabah. Pembobolan ini yang tujuannya mengambil aset digital, dilakukan tidak hanya oleh orang luar tetapi juga orang dalam. Daftar Kejadian Cryptocurrency HacksDan pembobolan tersebut tidak hanya terjadi di trade kecil, tetapi exchange besar. Exchange yang sudah punya nilai transaksi jutaan dollar setiap harinya pun bisa kena serangan hacker dan mengalami kerugian yang tidak kecil.

Ripple adalah perusahaan Amerika Serikat yang dibangun dengan tujuan untuk menyediakan cara yang lebih efisien untuk pembayaran lintas batas di industri keuangan, khususnya di sektor perbankan. Tujuan tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan perantara untuk mengurangi biaya dan waktu transaksi. Pengembang di seluruh dunia dapat membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi pada blockchain Ethereum. Tujuannya adalah untuk memperbaiki industri keuangan, penyimpanan informasi pribadi, tata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya dengan menggunakan sifat transparan blockchain.

Melihat peluang selisih harga dari berbagai trade yang ada sangatlah penting untuk menentukan berapa banyak revenue yang ingin didapatkan. Uniknya, platform digitalexchange.id menawarkan fitur premium untuk membandingkan selisih harga dari masing-masing exchange. Untuk melihat quantity transaksi dapat dilakukan, contohnya melalui situs Coin Market Cap. Pelajari bagaiamana keadaan koin tersebut dalam 24 jam, 3 minggu, three bulan, atau 1 tahun ke belakang. Hal ini berguna untuk menyesuaikan dengan harga saat ingin membeli.

Nah, analisis basic saat trading aset Cryptocurrency merupakan aktivitas evaluasi variabel ekonomi, keuangan dan faktor lainnya yang dianggap mempengaruhi nilai. Hal ini dilakukan untuk memahami nilai sebenarnya dari sebuah aset atau sekuritas. Direktur MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, memang di masa keemasan crypto ini untuk pasar modal yang sebagian besar reksadana perlu cara-cara pembaharuan supaya investor naik. Kripto yang sudah dimiliki akan disimpan oleh perusahaan komiditi aset kripto di depository dan bersifat sizzling pockets atau yang terhubung ke web dan chilly wallter yang tidak terhubung ke internet. Kelebihan terakhir yang dimiliki uang kripto adalah semua tanggung jawab atas uang tersebut milik pibadi masing-masing. Pengguna kripto juga memiliki kuasa untuk mengatur uang kripto miliknya dan bertanggung jawab atas hal tersebut.

Secara umum, analisis teknikal merupakan sebuah teknik memprediksi pergerakan harga berdasarkan pembacaan grafik. Nah, grafik sendiri bermacam-macam di mana yang paling populer adalah candlestick karena bentuknya seperti lilin dan yang paling mudah dipelajari untuk pengguna pemula. Indikator-indikator ini memudahkan untuk mengidentifikasi pola dan melihat sinyal beli atau jual di lingkungan pasar saat ini. Ada banyak jenis indikator yang digunakan oleh pedagang harian, swing dealer, dan kadang-kadang juga investor jangka panjang.

Cara kerja investasi ini menggunakan penyimpanan jaringan blockchain, yaitu sebuah teknologi penyimpanan database dalam blok yang kemudian dirantai bersama. Aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Degocoin dll menjadi salah satu instrumen investasi yang tengah diminati oleh para investor semenjak merebaknya pandemi Covid-19. Di Indonesia, transaksi aset kripto mengalami pertumbuhan yang signifikan, terlihat dari nilai transaksi harian mencapai triliunan rupiah.