By | August 4, 2020

Dengan berlakunya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang kemudian diubah dengan UU No. 32 Tahun 2004, kewenangan daerah mempunyai otonomi untuk mengatur dan mengurus masyarakat setempat. Perubahan sistem ini akan mempunyai implikasi terhadap pelaku bisnis kecil dan menengah berupa pungutan-pungutan baru yang dikenakan pada UKM. Jika kondisi ini tidak segera dibenahi maka akan menurunkan daya saing UKM.

Jika cara untuk mendapatkan modal kini semakin beragam namun ide maupun mentalitas seorang pebisnis tidak mudah didapatkan begitu saja. Butuh proses panjang sampai akhirnya bisa menjadi pebisnis handal. Banyak yang menyebutkan jika memiliki modal menjadi kendala terbesar untuk melangkah menjadi seorang pebisnis.

Mentalitas pebisnis

Kutipan-kutipan jawaban pebisnis sukses yang blak-blakan dan terlihat tidak logis jika dipikirkan tanpa ditelaah terlebih dulu. Apakah anda mengetahui tentang siapa orang yang berada dibalik kutipan pebisnis sukses tersebut? Sosok pengusaha sukses dengan gaya nyentrik yang dianggap “gila” karena kutipan bisnisnya. Pada pembicara dalam seminar, beliau memiliki pemikiran out of the box dan menyampaikan secara lugas tanpa basa basi sehingga mampu menginspirasi banyak orang untuk tertarik menjadi entrepreneur. Sekarang pebisnis sukses ini memang telah meninggalkan dunia namun pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki masih dapat terus diingat sebagai motivasi dan peningkatan mentalitas bagi pebisnis pemula. Santai saja hilangkan semua beban, yang terpenting komitmen, kemauan, dan keberanian mengambil peluang, pantang menyerah dan selalu belajar pada yang lebih pintar serta selalu bersyukur .

Untuk menghindari tekanan dan stres akibat pekerjaan, maka berusahalah belajar mencintai pekerjaan yang dimiliki sekarang. Belajar mencintai pekerjaan memang bukan hal yang mudah, terutama jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat kalian. Namun, belajarlah untuk tetap mencintainya dan cukup nikmati saja. Tanamkan dalam diri bahwa semua hal yang dikerjakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan merupakan suatu pembentukan dan persiapan dalam meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang.

Jika hanya berfokus pada titik masalah, maka dengan sendirinya pikiran kita akan terbawa ke dalamnya. Namun tidak demikian bagi orang-orang sukses, mereka menganggap masalah sebagai tantangan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi yang inovatif. Jika Anda sering kali mengeluh serta mungkin juga sering kali menyesali perbuatan-perbuatan Anda, bahkan hingga meremehkan kemampuan diri sendiri, maka kemungkinan besar Anda akan sulit untuk bergerak maju.

Bila Anda fokus pada tindakan untuk memperbaiki keadaan, maka Anda menciptakan kepercayaan diri, yang menghasilkan emosi positif untuk meningkatkan kinerja. Menghadapi orang yang sulit memang bisa membuat frustasi dan melelahkan. Namun, orang yang bermental kuat akan dapat mengendalikan interaksi mereka dengan orang-orang yang sulit ini. Orang yang bermental kuat tahu bahwa berkata tidak merupakan jalan yang sehat dan mereka akan memiliki harga diri dan pandangan ke depan yang jelas.