By | May 1, 2020

Kalau Anda sudah menghasilkan banyak karya dari hobi membuat kerajinan tangan, cobalah memasarkan karya-karya tersebut melalui internet. Anda juga bisa membuat akun media sosial untuk membangun private branding sekaligus mempopulerkan seluruh hasil karya Anda. Kemudahan berbisnis dari internet dapat mendukung Anda memasarkan produk kerajinan tangan hingga ke kancah internasional.

Bisnis ini merupakan bisnis yang terbilang menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar. Dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman ini, yang terpenting harus mempunyai kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman. Sebagai mahasiswa, Anda harus dituntut untuk kreatif supaya bisa mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Para mahasiswa pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis sambil tetap kuliah. Berbekal kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko, sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk mahasiswa dengan modal yang kecil.

Usaha yang bisa ditekuni di masa pandemi

Selain terdapat peluang bisnis online yang dapat membantu perekonomian masyarakat terdapat juga beberapa peluang bisnis offline. Peluang bisnis offline ini juga tidak kalah menguntungkan dari peluang bisnis on-line. Ada beberapa bisnis offline yang tetap bisa dilakukan ketika pandemi ini berlangsung. Tentu dalam melakukan bisnis offline ini harus tetap menjalankan protokol yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kita bisa mencoba berbagai usaha dengan memanfaatkan situasi saat ini, berbagai peluang usaha apabila ditekuni akan membantu kita untuk melewati krisis ekonomi dimasa pandemi ini termasuk bagi para pelaku startup. Bagi mereka yang baru menggeluti dunia bisnis, ini akan menjadi tantangan yang dapat memberikan keuntungan apabila ditekuni secara matang.

Hand sanitizer ini sudah seakan menjadi kebutuhan wajib masyarakat di era New Normal. Hampir mirip dengan dropshipping, afiliasi juga memberikan keuntungan pada masa pandemi ini. Afiliasi adalah cara menjual produk dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Jadi, penjual diharapkan bisa memasarkan produk dan membuat seseorang Beli Free Spin tertarik untuk membeli. Apabila pembeli melakukan pembelian pada produk afiliasi maka penjual akan mendapatkan keuntungan.Program afiliasi sangat terkenal di luar negeri, bahkan dengan bisnis ini bisa menghasilkan 20 juta rupiah per bulan. Dalam memulai bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil bahkan tidak membutuhkan sepeserpun modal.

Peluang usaha selanjutnya yang sangat cocok dilakukan ketika masa pandemi yaitu dengan berjualan tanaman hias. Diketahui selama masa pandemi pattern tanaman hias cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terlebih lagi tak semua orang saat ini mampu dan mau untuk memasak sendiri di rumah mereka, sehingga produk makanan cenderung mengalami peningkatan. Pemasaran produk tersebut dapat dilakukan dengan cara online, yaitu dengan memakai social media seperti Instagram, Facebook atau bahkan media chat online seperti Whats App dan telegram. Hal itu disebabkan oleh karena makin banyak konsumen yang tidak dapat melakukan pembelian secara langsung di toko, sehingga lebih memanfaatkan untuk lakukan pembelian secara online.

Apalagi menjelang bulan ramadhan, toko emas semakin laris di pasaran. Kalau kamu tidak bakat di bisnis makanan, kamu bisa nyoba bisnis emas berbasis online. Banyak e-commerce yang menyediakan fasilitas asuransi, biar emas jualan kamu lebih aman. Untuk menggeluti usaha di bidang jasa, pelaku usaha tersebut harus bisa membuktikan dirinya sangan kompeten di bidang tersebut.

Jika membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar membutuhkan dana yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina. Pertashop dapat menjadi bisnis di desa yang menguntungkan karena memiliki pasokan rutin dari pertamina dan harga yang sama dengan yang dijual pertamina. Apalagi cakupan usaha ini sangatlah luas dan memiliki kesempatan yang besar dalam berinovasi. Tipe usaha jahitan sangat dinamis perkembangannya, sehingga sangat cocok buat yang mempunyai semangat untuk belajar dan berinovasi. Bisnis ternak ayam kampung merupakan salah satu usaha di desa yang menjanjikan.

Jadi, usaha travelogistic kini menjadi salah satu strategi jitu yang mereka ciptakan untuk bertahan di period pandemi seperti sekarang. Jika suka menulis dan mempunyai kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis lepas dapat menjadi bisnis terbaik. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Di samping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu. Bentuk tulisan yang ditawarkan sangat bervariasi, misalnya artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif semisal puisi dan cerpen. Untuk memulai bisnis ini, mahasiswa harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon.

Aktivitas keseharian seperti bekerja, bersekolah maupun beribadah kini terpaksa dibatasi untuk mengurangi penularan virus, dan dampaknya roda perekonomian pun melambat. Banyak karyawan terkena pemutusan kerja karena laju usaha tidak lagi regular. Meski begitu masih ada sektor casual yang masih menggeliat di tengah sulitnya perekonomian.

Sedangkan menurut survei Asian Development Bank juga menyatakan UMKM yang berhenti seketika karena terdampak Covid-19 total 48,four persen dari sixty two juta UMKM yang ada. Berdasarkan fakta yang sudah ada, telah membuktikan untuk UMKM sanggup bertahan ketika perekonomian Indonesia dihantam badai krisis. Dalam masa pandemi saat ini, UMKM mempunyai peran dalam agen kebangkitan Indonesia dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sering-sering meng-update media sosial dan memberikan testimoni agar banyak yang tertarik serta percaya untuk memesan makananmu.