By | July 31, 2020

Koin KLAY digunakan untuk biaya transaksi saat membuat dan mengeksekusi kontrak pintar di blockchain, atau saat melakukan transfer KLAY. Walaupun belum disahkan menjadi alat tukar, aset digital diakui sebagai komoditas di inondesia. Namun, pada awal tahun 2021 yang lalu Bank Sentral di Nigeria melarang setiap perbankan dan institusi finansial untuk menerima dan memfasilitasi penyaluran dana dari dan ke platform kripto. Sebaliknya, di Afrika Selatan, masih belum ada kerangka peraturan tentang investasi dan transaksi cryptocurrency. Yang jelas, menambang crypto currency juga butuh modal besar, bisa mencapai ribuan dollar AS. Selain itu, komputer harus selalu menyala sepanjang hari, sehingga tagihan listrik bisa melonjak.

Ivestasi Crypto

Exchange tidak melakukan jual beli, perannya hanya menjadi tempat perantara dan akan memungut sejumlah fee, seperti payment jual beli dan penarikkan uang. Investasi cryptocurrency dilakukan dengan membeli dan menjual aset di pasar crypto. Untuk mendapatkan keuntungan, orang harus membeli aset crypto di harga rendah dan menjualnya kembali pada harga lebih tinggi. Adanya kepastian hukum soal diperbolehkannya perdagangan Bitcoin di Indonesia membuat investasi di aset kripto ini menjadi terlindungi. Mulai banyak perusahaan yang sudah resmi teregulasi menawarkan layanan untuk investasi di aset kripto. Jangankan investasi cryptocurrency, mungkin melakukan investasi reksa dana pasar uang saja masih belum berani.

TEMPO.CO, Jakarta – Eks CEO Tokoin Reiner Rahardja dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang oleh para korban. Reiner yang dikenal sebagai motivator dan pengusaha muda itu dituding menggelapkan transaksi kripto dan dana investasi kapal ikan milik 26 orang. “Karena itu investor melihat peluang pelarian modal dari uang fiat ke aset lain, yaitu uang digital,” jelasnya. Data pelacak pasar CoinGecko dan Blockfolio mengungkap kenaikan kapitalisasi pasar uang kripto terjadi karena meningkatnya permintaan dari investor institusional dan ritel. Setelah melakukan analisis fundamental, penting juga untuk mempelajari mengenai analisis teknikal agar dapat menghasilkan keuntungan saat buying and selling aset kripto.

Terutama jika pemerintah sudah mengeluarkan regulasi perdagangan aset kripto atau bursa kripto dalam waktu dekat. Teguh mengatakan, aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Degocoin dll merupakan instrumen investasi yang masih baru keberadaanya. Namun demikian, bukan berarti aset kripto tidak memiliki fundamental pergerakan harga pasar. Sementara Bank Sentral melarang perdagangan mata uang kripto yang ditambang di luar negeri, Bank Sentral telah mendorong penambangan Bitcoin di negara tersebut dengan insentif. China telah menindak cryptocurrency dengan intensitas yang meningkat sepanjang tahun 2021. Aspek kelima adalah mempelajari instrumen investasi dan menganalis risiko serta mengkaji basic agar bisa menentukan strategi investasi yang tepat sesuai dengan tujuan.

Beberapa negara telah membatasi cara Bitcoin dapat digunakan, dengan bank melarang pelanggannya melakukan transaksi mata uang kripto. Ini sangat membantu buying and selling mata uang kripto karena mereka mendapat jaminan nilai yang lebih stabil dibanding bitcoin yang unstable dan berfluktuasi. Misal, ExoCoin menawarkan investasi mata uang digital dengan imbal hasil persen per bulan. Ada lagi, Bitcoin Trading & Cloud Mining Limited yang menawarkan imbal hasil four,1 persen per hari, dan bonus US$100,.

Perbedaan XRP dengan Bitcoin dan Ethereum adalah Ripple tidak menggunakan Blockchain, sedangkan kedua koin tersebut menggunakannya. XRP diawal Mei 2021 sudah mencapai diatas IDR 20 ribu per koin. Setelah menyiapkan CPU, miner membutuhkan Dogecoin Core dari situs resmi Dogecoin. Dogecoin Core merupakan dompet atau pockets untuk menampung Dogecoin, yang konsepnya sama dengan dompet kripto lainnya. Selanjutnya miner harus mengatur wallet untuk proses proteksi dari pencurian. Selain dibutuhkan seperangkat komputer canggih, penambangan juga membutuhkan kepintaran dan kecerdasan untuk bisa memecahkan masalah matematika kompleks.

Apabila dasar-dasar mengenai cryptocurrency ini tidak Anda pahami dengan baik, maka kemungkinan besar Anda melakukan kesalahan dalam berinvestasi. Umumnya investor pemula memiliki antusiasme dan semangat yang menggebu-gebu untuk berdagang. Akibatnya, mereka kurang memiliki gambaran yang lebih luas dan jelas tentang berinvestasi cryptocurrency yang menguntungkan. Investasi cryptocurrency baru-baru semakin populer sehingga banyak dilirik oleh para investor. Pasalnya, nilai cryptocurrency mengalami lonjakan yang sangat tajam sehingga membuat investor yang bermain di instrumen investasi ini mendadak kaya raya. Mike menjelaskan cryptocurrency adalah suatu jenis aset digital sehingga tidak ada bentuk realnya.