By | July 24, 2020

Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis kopi, Anda tentu perlu riset yang banyak tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini. Jangan membuka kedai kopi mewah di sekitar pasar tradisional yang cukup kumuh. Konsumen anda tidak akan tertarik dengan kopi tersebut karena harganya mahal.

Bisnis Kopi

Terakhir adalah jangan pernah lelah untuk selalu berusaha dan belajar jika Anda ingin mulai membangun usaha warung kopi impian dari nol. Dan yang terpenting, selalu berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kopi Anda baik. Untuk mencari inspirasi, Anda bisa menyusuri media sosial kompetitor atau langsung mengunjungi warung-warung kopi hits di Jakarta. Mungkin alasannya karena desain eksterior atau inside yang terbukti ampuh menarik pelanggan masuk dan menyesap kopi di sana. Berikut 9 ideas yang akan membantu Anda mempersiapkan rencana usaha warung kopi dengan matang.

Dengan demikian, bisnis espresso to go merupakan solusi terbaik bagi mereka yang ingin meminum kopi nikmat tanpa harus khawatir dengan pandemi yang terjadi saat ini. Sementara itu, nilai pasar bisnis kopi di Indonesia sudah mencapai Rp4,8 T lebih setiap tahun. Angka tersebut dihitung dari asumsi omset setiap gerai yang berhasil mencapai penjualan hingga 200 cup per hari dengan harga kopi Rp20.000-an. Lakukanlah riset kecil-kecilan dalam menentukan lokasi usaha kopi yang cocok. Bisnis kopi satu ini membutuhkan koneksi dengan petani kopi, pabrik kopi, dan roaster.

Konsep untuk awali bisnis kopi sangat diperlukan sebagai landasan perjalanan bisnis kopi yang nantinya akan anda jalani. Dengan memiliki konsep yang kuat, maka anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis kopi ini. Rasa kopi yang nikmat memang sangat melekat pada diri masyarakat luas, anda pun juga harus merancang tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal. Yudhistira seorang bar supervisor membagikan tipsnya untuk membuka usaha coffee store bagi yang memiliki modal minim. Itulah beberapa suggestions yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kedai kopi.

Kesempatan itulah yang diambil beberapa brand kopi kekenian yang memang menyasar market menengah dengan harga yang terjangkau, namun untuk kualitas dari kopi hampir mirip dengan kopi harga premium. Sehingga banyak orang yang ingin menikmati kopi dengan kualitas premium dengan harga yang murah dan terjangkau. Maka, kamu bisa menyesuaikan strategi bisnis apa yang akan kamu pilih untuk menjalankan bisnis kopi kamu ke depannya.

Anda bisa menambahkan berbagai jenis menu tambahan seperti cake, roti atau camilan lain. Untuk model usaha cafe bistro, bahan-bahan makanan yang lebih berat seperti daging, sayuran, telur dan aneka bumbu dapur mungkin akan Anda butuhkan. Perlu diingat bahwa simulasi modal di atas berlaku jika Anda sudah memiliki lokasi usaha sendiri. Jika belum, maka Anda perlu menambahkan perkiraan biaya sewa gedung dan lain sebagainya. Jangan lupa manfaatkan keberadaan media setempat untuk memperkenalkan bisnis kopi Anda.

Untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis kopi sederhana hingga yang ekstra, Anda harus berani menyajikan distinctive promoting level yang lebih kepada konsumen. Berikan sesuatu yang berbeda untuk membuat mereka selalu memilih coffee shop Anda, bukan yang lain. Selain lima cara memulai bisnis kopi yang udah dibahas, hal lain yang harus kamu lakukan adalah memilih kemasan kopi yang tepat.