By | July 29, 2020

Berbeda dengan era dulu dimana dibutuhkan kertas dan papan manual untuk bertransaksi saham, kini aktivitas investasi semakin mudah karena semua dilakukan via on-line. Jika ingin membeli saham, investor cukup mendaftarkan diri di platform jual beli. Biasanya masing-masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda terkait besaran dana yang harus disetorkan pada awal transaksi. Nah, agar tidak bingung dan merasa kecewa di kemudian hari maka sebagai orang yang akan melakukan investasi saham Anda harus tahu dengan pasti apa tujuannya.

Investasi Saham

POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System) merupakan aplikasi buying and selling yang dihadirkan oleh Philips Securities. POEMS memberikan opsi pembukaan rekening dana nasabah yang cukup beragam, di antaranya adalah Bank BCA, Mandiri, Permata, dan Sinarmas untuk akun konvensional dan BCA Syariah untuk akun syariah. Nah, Ajaib sendiri terbilang pemain baru dalam penyedia layanan buying and selling saham. Aplikasi Ajaib dimiliki oleh Ajaib Group yang menaungi dua perusahaan, yakni Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas. Jadi Ajaib menghadirkan opsi investasi di reksadana atau saham sekaligus. Bagaimana cara cari tahu terlebih dahulu mengenai apa itu saham dan apa saja risiko serta keuntungan dari investasi saham itu sendiri.

Langkah pertama untuk mulai investasi saham bukanlah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tetapi meluangkan waktu untuk belajar investasi saham. Pola pikir ini sangat penting untuk para investor saham pemula yang seringnya tidak sabar untuk merasakan dapat untung. Buat Anda yang ingin bermain investasi saham langsung, maka minimal uang yang harus Anda siapkan untuk pembukaan rekening biasanya sekitar Rp 5 juta. Tapi perlu dicatat, jumlah nominal yang ingin digunakan berinvestasi saham sebaiknya tidak lebih dari 5 persen whole kekayaan Anda.

Pada intinya, investasi saham merupakan kegiatan penanaman modal ataupun pembelian saham terhadap sebuah perusahaan. Pastinya kita semua sudah tahu bahwa modal merupakan kunci utama dalam menjalankan suatu bisnis. Nah, investasi saham dapat dikatakan serupa dengan memulai bisnis tersebut. Selain dari dedikasi waktu, strategi dan analisa yang digunakan tentunya lebih rumit. Hal ini dikarenakan harga saham yang sangat dipengaruhi oleh politik dan ekonomi world — sehingga trader harus terus mengikuti perkembangan kebijakan dan ekonomi. Ketika berinvestasi saham, saham yang dimiliki akan ditahan dalam jangka waktu yang lama.

Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menginvestasikan uangmu. Kita bantu menempatkan uang kamu ke portfolio reksadana yang khusus dibuat untuk kamu sesuai dengan umur, penghasilan dan toleransi kamu terhadap resiko. Paling penting, ketika kamu untung saat proses belajar, jangan langsung merasa jago dan menambahkan investasi atau buying and selling dalam jumlah yang besar. Dengan kondisi kebingungan, trader pemula pun berupaya mencari pilihan saham yang dianggap benar dari berbagai sumber. Misalnya, cari sumber rekomendasi saham dari kenalan trader yang lebih senior, sekuritas, atau contekan grup saham yang banyak beredar di Telegram maupun Whatsapp.

Sebaliknya, apabila indeks saham bergerak turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun. Sama dengan konsep pembelian yang lain, cara primary saham untuk pemula juga harus menerapkan konsep belilah barang tersebut saat harganya turun. Perlu diingat bahwa keuntungan yang akan didapatkan sebenarnya berbanding lurus dengan modal yang akan dikeluarkan. Oleh sebab itu, perlu mengatur modal secara bijak dengan berinvestasi sesuai kemampuan dan jangan sampai kebablasan dalam menggelontorkan banyak uang. Jika kondisi pasar menunjukkan saham dalam keadaan naik maka lakukan trading dengan cepat supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal juga. Selain itu, manfaat investasi saham, lainnya adalah bisa menjadi simpanan untuk dana pensiun.

Sejalan dengan hal ini, MNC Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak 31 tahun yang lalu senantiasa menjunjung komitmen tinggi untuk dapat mendukung transaksi saham Anda. Terlebih, pada tahun 2021 ini dikenal dengan tahun digitalisasi sehingga pilihan untuk membeli saham financial institution digital merupakan keputusan yang tepat. Aset alokasi investasi BP Jamsostek Februari 2021 antara lain surat utang sebesar 65 persen, deposito 12 persen, saham 14 persen, reksa dana 8 persen dan investasi langsung sebesar 1 persen. Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia Suheri menuturkan, rencana BP Jamsostek mengurangi alokasi investasi ke saham dan reksa dana dapat berdampak ke pasar saham. Hingga kuartal I-2021, BEI mencatat pertumbuhan investor mencapai 27 persen.

Trader biasanya mengharapkan manfaat yang lebih tinggi dibanding melalui investasi biasa. Sama halnya dengan berbisnis, selain bisa mendapat manfaat, berinvestasi saham juga bisa tidak memberikan manfaat bagi kamu. Maka dari itu, penting untuk mengenali dan mengetahui informasi perusahaan tempat kamu menanamkan modal sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi. Karena dengan mengelola faktor resiko dengan baik, kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk dapat menerima manfaat dari investasi kamu. Biaya transaksi tersebut berbeda di setiap perusahaan sekuritas, tetapi umumnya zero,2—0,3 persen dari nilai transaksi pembelian saham lalu ditambah PPh 0,1 persen khusus untuk transaksi penjualan saham.

Untungnya saat ini, semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga investasi menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang dari usia muda hingga tua demi bisa mendapatkan keuntungan. Menurutnya, para investor, terutama investor ritel dapat mempelajari bagaimana suatu perusahaan menjalankan bisnis, menghasilkan keuntungan, siapa goal pasarnya, hingga konsistensi terhadap pangsa pasarnya. Menurutnya, pada bulan Maret dan September 2020 sedang terjadi crash di pasar saham sehingga banyak saham yang valuasinya terdiskon sama seperti tahun 2008. “Dan itu menjadi kesempatan yang bagus untuk kita berinvestasi, bahkan sekarang pun belum terlambat,” ungkapnya. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir kerugian besar kemungkinan terjadi, terlebih bagi seorang pemula.