By | July 30, 2020

Mulai gunakan teknologi jaman sekarang ini untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dengan mendaftarkan akun secara Gratis 30 Haridisini. Memilih saham perbankan dan perusahaan besar di bidang client items sebagai saham pertama, tentu bisa jadi cara bermain saham yang paling bijak untuk pemula. Karena perusahaan ini merupakan perusahaan dengan bisnis yang sederhana. Selain itu produk-produk mereka juga digunakan masyarakat, otomatis dalam setahun mereka selalu mencetak laba yang signifikan. Pemahaman terhadap situasi ekonomi juga harus dibarengi dengan pemahaman investor soal lini bisnis perusahaannya. Bicara instrumen investasi, tahun 2019 ini menganggap bahwa Pasar Modal atau saham dan obligasi masih menjadi pilihan menarik bagi investor.

Investasi Saham

Selama masa pandemi, investor yang membuka rekening dana investor untuk membeli saham tercatat meningkat sangat pesat. Bangkitnya investor lokal domestik secara tidak langsung akan menggairahkan pasar modal Indonesia. Salah satu fitur menarik yang menjadi unggulan aplikasi MotionTrade adalah nasabah dapat berinvestasi saham maupun reksa dana secara on-line. MNC Sekuritas sebagai APERD digital, bekerja sama dengan 14 manajer investasi terkemuka di Indonesia untuk menjual produk reksa dana mereka. MotionTrade merupakan wujud kontribusi MNC Sekuritas terhadap pengembangan pasar modal Indonesia. Sudah menjadi hukum bisnis, seorang investor ingin mendapatkan harga murah dan menjual saat harga tinggi.

Sementara itu untuk reksa dana proses dana masuk ke rekening akan membutuhkan waktu karena menggunakan agen pengelola atau manajer investasi. Tapi investor bisa meminta nasihat dari pialang untuk bermain saham. Karena dana dikelola sendiri, maka investor harus menyiapkan waktu untuk memantau pergerakan saham. Investor hanya perlu menunggu bagaimana manajer investasi mengelola portfolio dengan bijak. Nah, berdasarkan portofolio investasinya, reksa dana dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksa dana campuran.

Investasi saham syariah sangatlah mudah, apalagi kini telah hadir berbagai aplikasi digital yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam satu jentikkan jari. Meskipun punya horizon investasi jangka panjang, namun Anda tetap perlu mengevaluasi portofolio saham minimal setahun sekali. Hal ini penting untuk mengecek apakah saham-saham yang dikoleksi berkembang sesuai goal yang telah Anda tetapkan atau tidak. Jika saham tersebut berkembang sesuai harapan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah jumlah dana di saham tersebut. Sebaliknya, jika ada saham yang berkembang tidak sesuai harapan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memindahkan saham suatu perusahaan ke saham perusahaan lain. Investasi saham mengenal prinsip high danger, excessive potential return.

Hal tersebut tentunya akan sangat perlu diperhatikan mengingat saham merupakan suatu media dengan modal minim, bahkan dengan uang Rp100 ribu saja, Anda bisa memilikinya. Dengan kemudahan tersebut, banyak di antara pemula dalam dunia saham menjadi tak bijak dalam menggunakan mereka. Cara major saham untuk pemula harus jeli untuk menggali informasi dengan valid.

Dalam kondisi seperti ini, maka hak klaim investor mendapat prioritas terakhir setelah semua kewajiban perusahaan dapat dilunasi. Jika memang terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka investor saham tetap tidak akan mendapatkan hasil dari likuidasi tersebut. Ini adalah kondisi terberat yang harus dihadapi seorang investor saham.