By | July 24, 2020

Kalau kamu tidak mempunyai konsep yang kuat, maka kedai kopi yang kamu bangun akan jatuh. Pasalnya, Anda toh tahu bahwa ada banyak sekali pecinta kopi “fanatik” di Indonesia. Jika perlu, cobalah untuk menawarkan barang dagangan ke coffee store, atau justru perorangan.

Satu hal yang harus kamu perhatikan, bisnis kopi ini sebenarnya hanya butuh kopi dan air panas saja. Kalau sebelumnya kamu susah mempunyai tempat, maka kamu bisa menggunakan alat racik handbook yang sederhana. Sehingga, dengan modal Rp1 juta saja sudah bisa memulai bisnis kopi. Minuman kopi tidak mengenal kalangan, baik itu kelas bawah maupun kelas atas. Karena itulah, banyak pengusaha di Indonesia yang mencoba membuka kedai-kedai kopi, yang punya peluang bisnis besar dan menjanjikan. Saya sudah menjalankan bisnis kopi kurang lebih 3 bulan dan hasilnya cukup memuaskan .

Karena, pasti akan ada saja yang akan datang untuk menikmati kopi kamu. Halo kak… saya tertarik mencoba bisnis kopi yg chilly brew karena masih belum leluasa juga kalo langsung membuat coffee store meskipun dalam sekala kecil. Saya tertarik utk bisnis kopi tetapi saya tidak punya keahlian khusus utk meracik kopi dan konsep usahanya agar menarik para konsumen. Seluruh produsen kopi berlomba-lomba menghasilkan kualitas kopi terbaik. Ini cara menyikapi persaingan di dunia kopi yang ketat,” paparnya. Usaha kopi yang diberi nama Matano Oleo Coffe ini beralamat di Jalan RS Faisal Raya.

Jika mereknya didaftarkan lebih dahulu oleh kompetitor tentu saja akan mengganggu pengembangan rencana bisnis anda. Ruang roasting itu tak seberapa jauh dari teras gudang kopi yang dikelola BUMDes. Tak heran bila proses roasting biji kopi begitu memanjakan hidung pengunjung yang datang. Pemilik warung apa pun, imbuh dia, tetap bisa menjalankan bisnis Warkop Digital. Nantinya, warung kelontong atau warung apa pun bisa dipercantik dan naik kelas dengan bantuan tim Warkop Digital. Beragam pelatihan digital Kartu Prakerja yang memungkinkan angkatan kerja untuk mandiri membuka usaha.

Bisnis Kopi

Lokasi yang strategis adalah yang berdekatan dengan lingkungan mahasiswa, pelajar, perkantoran, sekolah, serta pusat keramaian yang lain. Perkembangan bisnis kopi yang begitu pesat membuat banyak investor dan perusahaan ventura tertarik untuk berinvestasi pada kedai kopi. Sudah sejak tiga tahun terakhir ini, para investor menyuntikkan dana mereka ke berbagai kedai kopi. Hal tersebut disampaikan oleh seorang pemerhati gaya hidup dan makanan, Kevindra Soemantri, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Peningkatan konsumsi kopi ini diikuti juga dengan kebiasaan nongkrong di kedai kopi. Bahkan saat ini kopi tidak lagi hanya untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga menjadi teman setia saat nongkrong dengan teman atau sambil kerja.

Lantaran Usaha rumahan merupakan jenis usaha yang cukup laku di pasaran, terutama usaha yang menjual makanan atau minuman. Untuk modal yang digunakan Aldry mengaku tidak menggunakan dana yang terlalu banyak, karena mereka memanfaatkan ruangan kosong di rumah salah satu pemilik sebagai area kedainya. Sodare Kopi menawarkan berbagai menu mulai dari menu kopi dan juga non kopi. Jika usaha kedai kopi Anda lebih ditujukan untuk meeting orang kantor, menunya bisa dilengkapi dengan beragam varian teh dan makanan ringan. Suasana ruangan pun dibuat dengan penerangan yang baik dengan nuansa putih atau ornamen kayu. Jadi, walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.

Harga kopi dan menu yang disajikan juga harus diikuti para peminat. Paling mahal, kopi Mopi dipatok dengan harga Rp18 ribu, untuk menu Mopi Blend. “Untuk pemyarannya, untuk sekarang kita reserving payment dulu, sebesar 5 juta, untuk promo sekarang setelah tiga hari kita harus lunas. Namun kita juga menyesuaikan dengan buyer kita juga, kita juga terbuka dengan segala kemungkinan itu, karena kita brand baru. Bukan berarti kita brand baru yang kecil, karena kita memiliki tujuan lebih dari itu. Kita bisa mengimir semua unit ke seluruh Indonesia,” jelas Giovanni.

Bubuk kopi inilah yang dinikmati untuk diseduh menjadi minuman yang nikmat. Viral berkat nama bisnisnya yang receh, kopi kenangan tercatat mengalokasikan dana stimulus itu untuk membuka lebih banyak gerai. Hingga Juni 2019, kopi ini memiliki eighty gerai yang tersebar di delapan kota. Tidak main-main, setiap bulannya, sebanyak 1 juta gelas kopi berhasil terjual. Meski investor punya peran very important, bukan berarti tidak ada campur tangan pemerintah dalam menghidupkan bisnis kopi.