By | July 15, 2020

Ya, nama tersebut mungkin tidak lagi asing di telinga beberapa orang seperti anda, yang tertarik ataupun sudah terjun ke dalam dunia investasi. Ia adalah seorang investor kelas dunia, asal Amerika Serikat yang sudah punya lebih dari 6000 properti di seluruh dunia, yang menghasilkan pasif earnings untuknya, tanpa harus bekerja sekalipun. Sebelum membahas tentang4 Jenis aset kelas yang bisa menjadi pilihan ketika anda hendak melakukan investasi, saya penasaran, apakah anda sudah tahu apa pengertian mendasar dari aset? Menurut beliau, aset adalah segala sesuatu yang membuat uang masuk ke kantong anda. Nah, kalau begitu, coba anda perhatikan, apakah mobil dan rumah adalah aset? Jika rumah yang anda tempati harus membayar uang listrik, air dan PBB, itu berarti rumah anda adalah liabilitas, karena uang keluar dari kantong anda.

Beberapa bisnis yang bisa dijadikan sebuah aset

Butuh pemahaman dan analisa yang cukup mendalam sebelum memutuskan untuk membeli saham sebuah perusahaan. Namun sebagai alternatif, saat ini ada reksa dana saham yang risikonya lebih rendah namun memiliki potensi return mendekati investasi saham. Meski membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menghasilkan return, investasi jangka panjang umumnya memiliki return yang lebih optimum dibandingkan jenis investasi jangka pendek. Namun sebagai konsekuensinya, risiko yang ditanggung juga umumnya lebih tinggi.

Ketidakpastian terkait regulasi di pasar internasional atau ketentuan negara lain yang mampu mempengaruhi kegiatan usaha Perusahaan. Perusahaan memiliki eksposur dalam mata uang asing yang timbul dari transaksi operasionalnya. Eksposur tersebut timbul karena transaksi yang bersangkutan dilakukan dalam mata uang selain mata uang fungsional unit operasional atau pihak lawan. Eksposur dalam mata uang asing Perusahaan tersebut jumlahnya tidak materials.

Jika anda menyiapkan modal yang terlalu minim, maka keuntungan yang akan anda dapatkan juga tidak akan terlalu besar tentunya. Bahkan bisa saja perusahaan akan mengalami loss karena modal yang kurang. Hal ini tentu berbeda jika anda memiliki modal yang besar, di mana proyeksi keuntungan yang bisa anda dapatkan juga akan lebih besar.

Kekuatan ini menciptakan peluang setiap usaha untuk memperluas pasarnya, menekan biaya, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan usahanya seiring dengan pendapatan yang meningkat dalam pasar global. Laporan keuangan adalah laporan yang memberikan rincian informasi keuangan perusahaan termasuk aset , kewajiban , ekuitas, pendapatan dan beban, kontribusi pemegang saham, arus kas, dan informasi terkait lainnya selama periode waktu tertentu. Dari penjelasan di atas, dapat disadari bahwa Asset Liability Management merupakan salah satu pengelolaan aset dan kewajiban yang dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuan besar organisasi yaitu mencapai keuntungan yang optimum. Selain itu, dampak lain dari Asset Liability Management meningkatkan reputasi organisasi di mata masyarakat melalui publikasi laporan keuangan yang sehat. Tidak heran, saat ini penerapan ALMA saat ini tidak terbatas pada institusi finansial seperti perbankan dan asuransi semata, dan meluas pada penerapan di korporasi. Perbedaan Aset Tetap, Aset Lancar, Dan Aset Tidak Tetap – Dalam dunia akuntansi, dikenal istilah “aset” sebagai kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan ketika melakukan proses operasinya.