By | July 18, 2020

Karena itulah tak heran kalau banyak orang yang memilih untuk menghasilkan uang lewat investasi. Gak tanggung-tanggung, bahkan tak sedikit dari mereka yang berani menggelontorkan uang dalam jumlah besar demi mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Agar investasi Anda dapat menguntungkan dan Anda tidak salah dalam memilih investasi, Anda perlu belajar.

Tapi kalau memang bernyali, boleh saja kalau mau pilih yang agresif. Setelah memilih menu Kalkulator Emas, maka kamu akan diminta untuk memasukkan berapa berat emas yang kamu beli, berapa jumlah batang emas, harga beli, biaya lain, harga jual, dan yang lainnya. Dengan tujuan yang jelas, kamu akan tahu harus memulai dari mana, memilih jenis investasi apa, hingga berapa besar yang akan diinvestasikan.

Kamu akan dituntut untuk lebih conscious dengan informasi-informasi yang beredar di dunia. Dengan membaca dan mengetahui berita yang ada, kamu jadi tahu informasi tentang bisnis, politik, atau industri yang bisa jadi pemicu investor dalam membeli saham. Untuk mencapai kesuksesan dalam berinvestasi memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Setidaknya untuk langkah awal untuk belajar dan mengetahui dunia saham, obligasi, dan jenis investasi lainnya.

Mulai dari membuka rekening hingga pembelian pertama, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, Reksa Dana juga mudah dialihkan ke produk Reksa Dana lain sesuai dengan ketentuannya. Salah satu rekomendasi buku wajib dari Jenius yang perlu dibaca oleh investor pemula, adalah The Intelligent Investor karya Benjamin Graham. Security Analysis membahas tentang nilai dasar dalam berinvestasi serta cara membeli saham dan memegangnya dalam waktu yang lama. Tidak sepersepun biaya masuk ke bursa dan sekuritas, dana itu balik ke rekening peserta,” tutur dia.

Misalnya, kamu berinvestasi di obligasi ritel negara sebesar Rp 10 juta dan memperoleh keuntungan bunga flat sebesar 6,2 persen setiap bulannya. Jadi, keuntungan tersebut itulah yang membuat harta kekayaanmu semakin bertambah. “Masalahnya kerja aja susah, dapat uang susah, masa kita mengeluarkan uang cepat-cepat. Untuk investasi sama dengan kita kerja, maka pelajari dulu apa yang mau kita beli,” tuntasnya. Saya sudah mengikuti program sertifikasi sebelumnya namun dikarenakan saya belum menyelesaikan ujian maka program sertifikasi saya hangus. Setelah saya mendapatkan informasi bahwa TICMI memiliki program CLBK, saya merasa sangat terbantu dan segera mengikutinya.

Belajar Investasi

Banyak investor pemula membeli banyak saham bernilai kecil dengan harapan dapat untung banyak, padahal aksi investasi seperti ini justru cenderung merugikan. Kita tidak perlu membeli saham melalui manajer investasi, namun langsung melalui bank. Tingkat risiko ini juga membuat seseorang tidak disarankan berinvestasi secara asal-asalan. Sangat penting mengetahui cara belajar investasi reksa dana saham. Bagi yang belum mengenal reksa dana saham, menurut Otoritas Jasa Keuangan, investasi ini merupakan penanaman modal melalui reksa dana menjadi saham-saham yang terdapat di Bursa Efek.